Kampus hukum kembalikan uang kuliah bila sarjana mereka tak dapat kerja


Sebuah sekolah tinggi hukum di AS membuat sebuah keputusan yang luar biasa, sekolah hukum ini menjamin bahwa biaya uang kuliah yang pernah digunakan oleh seorang mahasiswa di kampur itu, akan dikembalikan sebesar 15 persen bila ternyata sang mahasiswa tidak mendapatkan pekerjaan apapun dalam sembilan bulan setelah mereka tamat.

Keputusan kampus hukum ini untuk mengembalikan biaya kuliah sebesar 43 ribu dolar AS atau sekitar 600 juta rupiah itu cukup menggemparkan, dan hal ini dimulai pada pendidikan tahun ini.

Rektorat kampus ilmu hukum Brooklyn menyebutkan "para mahasiswa telah mengeluarkan banyak waktu, banyak usaha, dan menghabiskan banyak uang dalam mencapai gelar sarjana mereka, dan tentunya beberapa mahasiswa yang telah tamat kuliah membutuhkan waktu dan dukungan lebih banyak dibandingkan orang lain untuk menunggu dia mendapatkan kerja yang sepadan.

Menurut laman New York Times, kampus hukum itu memilih batas waktu sembilan bulan karena diklaim bahwa masa-masa itu adalah waktu dimana seorang sarjana paling semangat untuk mencari kerja, dan lowongan kerja untuk seorang sarjana hukum tidak begitu banyak, dan ini dilakukan untuk memberikan dorongan kepada para sarjana untuk mencari kerja.

Sekolah hukum Brooklyn Amerika Serikat memiliki catatan yang bagus untuk para alumni mereka, tahun 2014 lalu, 90 persen sarjana hasil gemblengan kampus hukum ini mendapatkan pekerjaan dan sukses. Saat itu kampus ini bahkan memberikan pengembalian dana uang kuliah sebesar 150 ribu dolar kepada lima orang sarjana yang tidak mendapatkan pekerjaan dan itu dianggap ide gila, sehingga mereka melakukan perubahan keputusan baru, mengingat lowongan kerja untuk sarjana hukum memang tidak sebanyak jurusan lain.

Seorang profesor hukum dari universitas California juga menyatakan bahwa setidaknya, pemberian dana uang kembali kepada sarjana hukum yang tidak mendapat kerja itu cukup baik, setidaknya menjadi sebuah jaminan, dan ini adalah langkah yang 'pintar' bagi pihak universitas, karena mereka dapat terus menerapkan biaya kuliah yang sama, karena mahasiswa yang mendaftar akan merasa tenang dengan jaminan untuk mereka nanti setelah tamat namun tidak langsung mendapatkan pekerjaan, mereka masih mendapatkan dukungan dana dari pengembalian biaya kuliah yang mereka habiskan.

Kapan ya di Indonesia ada kampus yang berani kembalikan uang kuliah mahasiswa bila setelah sarjana mereka tidak mendapat kerja? Tak dapat kerja, uang kuliah dikembalikan, asik juga ya.

sumber : http://www.indoberita.co.id/2015/07/kampus-hukum-kembalikan-uang-kuliah-bila-sarjana-tak-dapat-kerja.html

0 Response to "Kampus hukum kembalikan uang kuliah bila sarjana mereka tak dapat kerja"

Posting Komentar