Karya Tulis : PELAYANAN ADMINISTRATIF MASIH KURANG DI FISIP USU

PELAYANAN ADMINISTRATIF MASIH KURANG DI FISIP USU

oleh : Anwar Fuad Alamsyah Lubis

            Mahasiswa adalah anggota sivitas akademika sebagai insan dewasa yang memiliki kesadaran sendiri dalam mengembangkan potensi diri di perguruan tinggi untuk menjadi intelektual, ilmuan, praktisi, dan/atau profesional. Hal di atas merupakan pasal 13 UU No. 12 Tahun 2012 tentang pendidikan.
            Mahasiswa dalam kesehariaannya adalah datang ke kampus untuk menuntut ilmu demi mengembangkan potensi diri dengan bantuan dan arahan dari dosen pembimbing. Setiap kali mahasiswa datang ke kampus dan belajar, mahasiswa harus mendapatkan pelayanan yang baik. Contoh pelayanan di kampus adalah pelayanan sarana dan prasarana, pelayanan administrasi, pelayanan pendidikan, pelayanan keamanan, dan itu semua di tujukan untuk mahasiswa. Seperti sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pembelajaran.
            Analoginya adalah seperti seorang pelanggan di sebuah toko. Kita sering mendengar bahwa pelanggan adalah raja. Begitu jugalah seharusnya di kampus bahwa mahasiswa harus mendapat pelayanan yang baik. Kampus FISIP adalah kampus yang memiliki pelayanan yang cukup baik dan perlu untuk di benahi. Dalam mengembangkan potensi mahasiswa pelayanan yang baik sangat mendukung untuk itu.  
            Dalam tulisan ini penulis ingin mengulas masalah tentang pelayanan administasi di FISIP USU. Mahasiswa tidak bisa terlepas dari administrasi hal ini adalah fakta. Jika mahasiswa ingin mengikuti ujian mahasiswa perlu membawa KRS dengan mengambilnya di PD 1, dalam hal ini terjadi yang namanya administrasi. Mahasiswa di kampus tidak hanya belajar tetapi juga berorganisasi, dimana organisasi di bawah naungan fakultas. Hal itu membuat ada interaksi antara mahasiswa dengan sistem administrasi di FISIP.
            Ada beberapa tempat yang sering di kunjungi oleh mahasiswa dalam memenuhi administrasi yaitu PD 1, PD 3, dan kantor kepala jurusan. Mahasiswa berhak mendapatkan pelayanan yang baik dalam administrasi. Namun hal itu belum tergambar dengan baik. Masih terdapat keluhan di antara mahasiswa tentang pelayanan administrasi. Masalah jam istirahat pegawai yang diketahui adalah pukul 12.00-13.00. Seorang mahasiswa yang  mengurus KRS terlambat enam menit dan ketika meminta dilayani pegawai menolak karena sudah lewat jam nya. Mahasiswa dapat memahami hal tersebut, lalu katika jam istirahat sudah lewat mahasiswa belum dilayani. Karena pegawai masih makan siang dan bersenda gurau dengan pegawai lainnya. Dalam kasus ini kita mengetahui bahwa pegawai dapat tepat waktu ketika akan istirahat namun tidak ketika jam istirahat sudah habis.
            Mahasiswa dalam mengurus surat menyurat biasa mengurusnya ke PD 3. Banyak yang mahasiswa tidak tahu tentang administrasi dan membuat mahasiswa ingin bertanya kepada pegawai di tempat tersebut. Namun hasrat ingin bertanya itu hilang ketika ibu dan bapak pegawai memasang wajah yang masam. Tidak banyak mahasiswa yang akhirnya terpenjara dalam ketidaktahuan akan hal administrasi karena pegawai memasang muka yang masam seperti enggan untuk memberi penjelasan kepada mahasiswa. Hal ini membuat mahasiswa menjadi menuntut pelayanan yang baik.
            Pelayanan administrasi di FISIP harus lah berkualitas. Berkualitas pelayanan nya dihasilkan oleh orang yang paham administrasi dan berkualitas. Menurut Tjiptono pelayanan yang berkualitas mencakup ketepatan waktu pelayanan dan keramahan dalam pelayanan. Keramahan yang seharusnya ada membuat mahasiswa tidak takut dan segan dalam bertanya tentang suatu informasi. Namun terkadang hal ini tidak di temukan di kampus FISIP.

            Seperti yang sudah ketahui bahwa banyak hal yang harus di kerjakan oleh pegawai administrasi. Tidak hanya mengurusi mahasiswa tetapi juga hal yang lain. Setidaknya bapak dan ibu pegawai dapat senyum kapada setiap mahasiswa yang datang dan meminta informasi. Hal ini memang kecil namun cukup membuat mahasiswa nyaman. Karena mahasiswa senang apabila datang dan di suguhkan dengan senyuman. Tersenyum memang hal kecil namun berdampak besar terhadap keharmonisan antara mahasiswa dan pegawai. Selain itu pengawasan juga perlu dilakukan agar ketepatan waktu pelayanan tidak longgar.

Related Posts :

0 Response to "Karya Tulis : PELAYANAN ADMINISTRATIF MASIH KURANG DI FISIP USU"

Posting Komentar