Tips Merawat Baterai Laptop agar Awet

Selamat malam sobat. Kali ini Sekilat Ilmu akan membagikan tips tentang cara merawat batterai laptop supaya tahan lama. Jika batterai laptop tidak dirawat dengan baik, tentunya akan cepat drop dan pasti harus membeli gantinya bukan? Maka dari itu Sekilat Ilmu memberikan tips berikut.

Kebanyakan batterai laptop sekarang ini adalah batterai jenis Lithium-ion. Banyak orang menggunakan laptop sebagai pengganti PC atau komputer dekstop. Mereka tidak tahu bahwa apa yang mereka lakukan itu buruk terhadap batterai laptop mereka. Meskipun tidak ada bahaya "Overcharging", namun membiarkan laptop tercharge secara terus-menerus bahkan berbulan-bulan dapat menimbulkan efek yang sangat merugikan bagi batterai laptop.

Jika sobat menggunakan laptop sebagai pengganti PC atau komputer dekstop, sebaiknya cabut batterainya. Ini lebih baik ketimbang memasang batterai dalam keadaan laptop tercharge terus-menerus.


Batterai Laptop
Batterai Laptop

Suhu batterai dan bagaimana batterai itu dicharge adalah faktor penentu umur batterai tersebut. Banyak orang menganggap bahwa suhu batterai rendah buruk untuk batterai. Namun, sebenarnya suhu tinggilah yang berbahaya untuk batterai laptop Lithium-ion. Oleh karena itu, Sekilat Ilmu coba memberikan sedikit tips untuk merawat batterai. Berikut adalah tips merawat batterai :

1. Jangan menaruh laptop yang sedang digunakan pada pangkuan sobat atau bahan isolator thermal seperti bantal. Ini akan membuat batterai lebih cepat panas.

2. Cabutlah batterai jika laptop akan digunakan untuk waktu yang lama. Hal ini dikarenakan CPU, Harddisk dan juga VGA akan membuat panas batterai laptop sobat.

3. Pastikan ventilasi laptop bersih dan berfungsi dengan baik. Periksa apakah ada sesuatu yang menghalangi ventilasai laptop sobat.

4. Jangan meletakkan laptop pada mobil atau pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jika ingin bepergian dan membawa laptop, gunakan sepeda motor. Ini akan membuat batterai sobat tidak panas terkena sinar matahari.

Itulah sedikit tips merawat batterai laptop sobat. Selamat mempraktekkan ya sob..Semoga umur batterai laptop sobat panjang dan tidak menguras keuangan sobat untuk membeli gantinya.

sumber : http://www.sekilatilmu.com/2015/06/tips-merawat-baterai-laptop-agar-awet.html

0 Response to "Tips Merawat Baterai Laptop agar Awet"

Posting Komentar