Kasus OC Kaligis Pukulan Telak untuk NasDem


Foto : Oc kaligis

JAKARTA – Penangkapan OC Kaligis oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejatinya menjadi pukulan telak bagi Partai NasDem. Mengingat pengacara kondang tersebut merupakan salah satu kader partai besutan Surya Paloh.

“Tentu ini sangat menarik karena selama ini Partai NasDem selalu mendeklarasikan diri sebagai partai yang bersih dari korupsi. Dan ini juga pukulan telak bagi partai yang mengusung konsep restorasi ini,” ujar Sekjen Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Syahroni kepada Okezone, Rabu (15/7/2015).

Syahroni menambahkan, penangkapan dan penetapan OC Kaligis sebagai tersangka kasus dugaan suap hakim di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Medan memang patut diapresiasi kendati belum cukup untuk bisa dibanggakan. Pasalnya, masih banyak kasus besar lainnya yang belum terungkap hingga kini.

“Penangkapan OC Kaligis oleh KPK patut diapresiasi meskipun belum layak dibanggakan. Diapresiasi karena KPK telah memecah 'telor' dengan menangkap pengacara kondang. Selama ini belum ada pengacara hebat yang ditangkap,” tuturnya.


“Namun belum layak dibanggakan, karena KPK masih saja ‘bermain’ pada kasus-kasus kecil dan menengah yang memiliki tingkat pencitraan tinggi. Semestinya dengan segudang kewenangan yang dimilikinya KPK memfokuskan diri pada kasus-kasus kakap,” imbuhnya.

Sementara untuk kasus kecil dan menengah biarkanlah kepolisian dan kejaksaan yang menanganinya. Apalagi kedua lembaga penegak hukum tersebut sudah mulai bergeliat menunjukkan kinerja positif.

“Kasus kakap yang semestinya ditangani KPK adalah megaskandal BLBI dan Bank Century. Karena KPK sudah berjanji menuntaskannya. Pada kasus BLBI, KPK berhenti ketika akan memeriksa Megawati Soekarnoputri. Sedangkan pada kasus Bank Century, KPK berhenti setelah memeriksa Boediono,” tegasnya.

Syahroni berharap, ke depan KPK tidak melulu mengedepankan pencitraannya, tetapi betul-betul membongkar korupsi yang memiliki tingkat kerugian negara yang sangat besar dan berdampak luas.

sumber : okezone.com

0 Response to "Kasus OC Kaligis Pukulan Telak untuk NasDem"

Posting Komentar