GMKI Bentuk Tim Investigasi Selidiki Insiden Tolikara

Umat Muslim melaksanakan salat Tarawih di Masjid Al-Furqon, Distrik Mimika Baru, Timika, Papua, Rabu (17/6). Umat muslim di seluruh belahan dunia melaksanakan salat Tarawih pada malam pertama bulan suci Ramadan 1436 H. (ANTARA/Spedy Paereng)


Jakarta, CNN Indonesia -- Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menyatakan bakal membentuk tim investigasi untuk menyelidiki insiden kerusuhan yang terjadi di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, kemarin. GMKI menilai ada kejanggalan dari sejumlah informasi yang mereka dapatkan.

"Masih ada banyak kejanggalan sejumlah informasi yang beredar di masyarakat soal kejadian tersebut. Informasi yang beredar tanpa narasumber yang jelas banyak beredar di dunia maya," ujar Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, Ayub Manuel, melalui keterangan yang diterima CNN Indonesia, Sabtu (18/7).

Ayub mengatakan tim investigasi ini akan langsung turun ke lapangan untuk mengumpulkan berbagai fakta lapangan yang menjadi penyebab terjadinya masalah ini.

"Tim investigasi akan bekerja selama 7x24 jam ke depan untuk memastikan penyebab terjadinya insiden secara objektif. Kami akan mempublikasikan hasil temuan tim investigasi nantinya kepada publik," ujarnya.

Dia menilai, konflik seperti insiden Tolikara sebelumnya tidak pernah terjadi di Papua. Penyerangan tempat ibadah yang dilakukan secara terbuka tentu saja dapat menyudutkan masyarakat di Papua.

Apalagi, menurut sejumlah informasi, terjadi insiden penembakan yang mencederai sejumlah masyarakat.

"Saya berharap insiden ini tidak mengganggu banyak rencana pembangunan di Papua ke depan. Termasuk upaya yang dilakukan pimpinan gereja dan kepala suku untuk mewujudkan Papua Damai," katanya.

GMKI juga menyampaikan kekecewaannya kepada Badan Intelijen Negara (BIN). Lembaga yang baru saja dipimpin oleh Sutiyoso tersebut, harusnya dapat mengantisipasi hal-hal seperti itu.

"Seluruh pihak keamanan dapat mengedepankan upaya dialog melalui pendekatan kultur sosial ketimbang upaya keamanan," ujarnya. 

sumber : http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150718173407-12-67080/gmki-bentuk-tim-investigasi-selidiki-insiden-tolikara/

0 Response to "GMKI Bentuk Tim Investigasi Selidiki Insiden Tolikara"

Posting Komentar